TAHUN AJARAN 2020 / 2021

LATAR BELAKANG     

Menyikapi kondisi beberapa bulan terakhir terkait isu merebaknya pandemic covid 19, maka dengan ini sekolah Bakti Mulya memandang perlu untuk memberikan suatu panduan bagi orang tua, siswa dan guru dalam mengantasipasi kegiatan pembelajaran pada tahun ajaran baru 2020/2021 yang akan dimulai pada tanggal 13 juli 2020.

 Sesuai dengan keputusan Kemendikbud terkait TA baru yang tetap  dimulai sesuai jadwal yang te;ah direncanakan, akan  tetapi dengan meyode pembelajaran yang sama sekali berbeda tentunya hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi sekolah, siswa dan orang tua.

Tantangan untuk sekolah adalah bagaimana cara untuk tetap memberikan layanan pendidikan yang optimal kepada siswa pada saat kondisi saat ini yang kurang menguntungkan. Akan tetapi dengan dukungan dari orang tua dan guru, insyallah kita semua akan dapat mengatasi kondisi ini bersama sama

  1. PANDUAN DISTANCE LEARNING SECARA UMUM

Distance learning (DL) atau pendidikan jarak jauh dalam UU Sisdiknas pasal 1 ayat 15 diartikan sebagai pendidikan yang peserta didiknya terpisah dari pendidik dan pembelajarannya menggunakan berbagai sumber belajar melalui teknologi komunikasi, informasi, dan media lain. Di sekolah Bakti Mulya 400, model distance learning akan banyak diarahkan untuk memaksimalkan penggunaan  pembelajaran online (online learning) sebagai sarana utama pembelajaran distance learning.

Secara umum berikut adalah komponen Online learning yang akan dipergunakan oleh sekolah Bakti Mulya 400

PLATFORM ONLINE LEARNING

  1. Platform online learning yang akan digunakan oleh guru untuk melaksanakan online learning adalah GOOGLE CLASSROOM.  Platform ini sekaligus sebagai template Learning Management system (LMS) dimana guru dan siswa akan melakukan interaksi KBM . prosedur penggunaan google classroom akan di latihkan kepada siswa dengan panduan khusus yang akan diberikan oleh guru pada saat awal sebelum KBM sesungguhnya dimulai.
  2. Untuk kegiatan tatap muka (virtual learning), digunakan aplikasi ZOOM MEETING dan atau GOOGLE MEET yang saat ini telah terintegrasi dengan platform GOOGLE CLASSROOM
  3. Setiap siswa akan mendapat ID/username untuk login ke dalam GOOGLE CLASSROOM . pada saat awal pembelajaran, siswa  wajib untuk mendaftarkan ID nya atau mendapatkan invitation dari guru subject untuk mengikuti virtual learning sesuai jadwal

DEVICES/GADGET/PERANGKAT & JARINGAN INTERNET

Perangkat yang digunakan dalam online learning bisa berupa PC, Laptop, ataupun tablet. Penggunaan HP tidak disarankan karena ukuran layar yang cenderung tidak ideal (kecil). Jaringan internet yang disarankan minimal memiliki kecepatan 10 MBPS

Gadget siswa diharapkan sudah terinstall dengan aplikasi GOOGLE CLASSROOM  dan ZOOM MEETING

JADWAL PELAJARAN (TIME TABLE)

Jadwal pembelajaran dengan metode online learning akan diatur sedemikian rupa sesuai dengan jadwal pembelajaran offline. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan suasana rutinitas seperti sekolah pada umumnya untuk mengkondisikan ritme belajar siswa sesuai dengan pembelajaran tatap muka normal. Adapun modifikasi jadwal dilakukan sebagai berikut :

WAKTUKEGIATAN
07.30 – 12.00Pembelajaran tatap muka (virtual learning)
13.00 – 15.00Belajar mandiri (Independent Learning)

Untuk virtual learning sehari maksimal adalah 5 JP sehingga dalam satu minggu total terdapat 25 JP tatap muka. Adapun kegiatan belajar mandiri akan tetap ada dalam pengawasan guru, dimana siswa tetap dapat melakukan sesi konsultasi dalam hal mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Diharapkan tugas harian dapat diselesaikan oleh siswa dalam satu hari tersebut

MAPEL PEMBELAJARAN ONLINE

Mengingat terbatasnya jam pelajaran dengan menggunakan sistem  distance learning, maka akan ada beberapa mata pelajaran yang di sampaikan dalam bentuk penugasan atau project. Hal ini dilakukan tanpa mengurangi pentingnya mapel  yang tidak bisa diajarkan seara tatap muka (virtual learning) adapun mata pelajaran yang dimaksud adalah sebagai berikut :

MAPEL VIRTUAL LEARNINGMAPEL PENUGASAN/PROJECT
MATEMATIKAPKN
BAHASA INGGRISPENJASKES
SCIENCE (KIMIA FISIKA BIOLOGI)SENI
BAHASA INDONESIAPLH
IPS 

ASSESSMENT (PENILAIAN)

Sistem penilaian dalam pembelajaran online bisa dilakukan saat virtual learning melalui quiz singkat oleh guru di awal atau akhir pembelajaran untuk mengevaluasi pemahaman siswa. Untuk formative test (ulangan harian) guru akan memanfaatkan aplikasi pembuat soal online seperti google form, kahoot, quizziz dll. Assessment berupa penugasan akan lebih banyak bersifat asinkronus yang berarti bahwa penyelesaian tugas akan memiliki deadline sesuai dengan yang ditentukan oleh guru

ABSENSI SISWA

Siswa dianggap mengikuti proses pembelajaran, jika siswa yang bersangkutan login mulai dari awal pembelajaran sampai guru menutup sesi pembelajaran. Jika di tengah tengah pembelajaran siswa log out tanpa alas an yang jelas, maka guru berhak untuk menulis ketidakhadiran (alpa) bagi siswa tersebut. Absensi kehadiran siswa akan didasarkan dari absensi setiap sesi pelajaran yang di catat oleh guru mata pelajaran

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER

Kegiatan ekstrakurikuler untuk sementara waktu di tangguhkan sampai ada pemberitahuan dari otoritas yang berwenang  untuk dapat melaksanakan aktifitas belajar mengajar secara normal kembali di sekolah ( offline)

KEGIATAN PEMBIASAAN/ CHARACTER BUILDING

Sekolah memandang penting untuk tetap menjaga rutinitas pelaksanaan kegiatan pembiasaan yang dilakukan di sekolah saat pembelajaran normal. oleh karena itu di awal pembelajaran diharapkan siswa tetap bisa melakukan aktifitas tadarus al quran dan shalat dhuha di pagi hari. Peran supporting dari orang tua dalam hal ini sangat diharapkan untuk dapat mengontrol kegiatan pembiasaan selama distance learning ini.

  • PANDUAN DAN TATA TERTIB ONLINE LEARNING BAGI SISWA
  • Seluruh siswa akan mendapatkan pelatihan bagaimana menggunakan GOOGLE CLASSROOM dan ZOOM MEETING maupun aplikasi lain yang akan dipergunakan oleh guru dalam proses pembelajaran virtual
  • Sebelum login, siswa diharapkan sudah mempersiapkan perangkat yang diperlukan untuk virtual learning (laptop/PC/Tablet, head seat, speaker, aplikasi yang diperlukan seperti google classroom, Zoom meeting  dll. ) jangan lupa untuk mengecek stabilitas koneksi internet. Jika ada masalah, mintalah bantuan kepada  orang tua
  • Siswa diharapkan untuk login sesuai jadwal pembelajaran virtual. Mohon kepada siswa untuk dapat menyimpan time table pembelajaran di desktop perangkatnya agar dapat segera mengakses jadwal sesuai kebutuhan
  • Sesuai KBM normal, siswa WAJIB untuk menggunakan seragam sekolah sesuai aturan
  • Selama sesi pembelajaran, siswa WAJIB untuk menyalakan webcam sampai pembelajaran selesai dengan kamera dihadapkan ke wajah. Saat pembelajaran berlangsung sistem audio ada dalam posisi “MUTE” , sampai ada instruksi dari guru untuk mematikan posisi “MUTE” sesuai kepentingan pembelajaran (Tanya jawab, diskusi dll)
  • Jika ada keperluan yang mendesak mintalah ijin kepada guru terlebih dahulu untuk meninggalkan pembelajaran sementara waktu
  • Dilarang untuk membawa/melakukan aktifitas makan dan minum selama KBM berlangsung
  • Siswa dilarang meninggalkan sesi pembelajaran sebelum guru mengakhiri sesi . Guru berhak untuk memberikan absensi ketidakhadiran (alpa) jika siswa meninggalkan pembelajaran tanpa alasan yang jelas
  • Siswa diharapkan aktif berpartisipasi dalam virtual learning, mengingat waktu yang terbatas, untuk mendapatkan hasil pembelajaran yang optimal
  • Siswa diharapkan bersikap sesuai dengan etika pembelajaran online ( nettique)
  • Mengingat waktu pembelajaran yang terbatas, siswa dapat mengingatkan guru jika waktu pembelajaran telah habis, karena di perlukan waktu untuk login ke pembelajaran selanjutnya
  • Jika mendapatkan penugasan dari guru, sebisa mungkin siswa dapat menyelesaikan pada hari yang sama. Manfaatkan sesi pembelajaran mandiri dari pukul 13.00 – 15.00 untuk berkonsultasi dengan guru mapel yang dibutuhkan
  • PANDUAN ONLINE LEARNING BAGI ORANG TUA

Kami menyadari peran orang tua yang akan menjadi lebih penting sebagai mitra sekolah terutama disaat pandemic Covid 19 ini. Oleh karena itu, sekolah sangat mengharapkan dukungan dan kerjasama  dari orang tua, agar proses pembelajaran berbasis online learning ini bisa berjalan dengan optimal

Berikut adalah beberapa bentuk supporting yang kami harapkan dari orang tua selama proses pembelajaran online di sekolah BM 400

  1. Orangtua diharapkan tetap memastikan rutinitas persiapan sekolah seperti kondisi normal (persiapan bangun pagi, mandi, sarapan dst). Hal ini penting agar ritme siswa untuk melakukan aktifitas pembelajaran seperti sekolah pada umumnya tetap terjaga.
  2. Orangtua agar memberikan supporting pada fasilitas pembelaran online untuk memastikan proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik (device/gadget, head set, akses internet dll) dan ruang yang dipersiapkan untuk siswa selama pembelajaran online
  3. Orang tua diharapkan, jika memungkinkan, ikut memonitor pelaksanaan pembelajaran online antara lain dengan memegang/memiliki jadwal pembelajaran siswa yang di buat oleh sekolah. Orang tua agar mendorong siswa login setiap sesi pembelajaran secara tepat waktu
  4. Jika orang tua memerlukan konsultasi dengan sekolah terkait pelaksanaan online learning, orang tua dapat berkomunikasi dengan wali kelas atau guru mata pelajaran. Di harapkan untuk sesi konsultasi ini dilakukan pada jam kerja/jam sekolah antara pukul 07.30 s/d 15.00. Insyaallah para guru dan staff sekolah akan  berupaya  memberikan solusi kepada orang tua terkait kesulitan dengan proses pembelajaran online ini
  • PANDUAN PEMBELAJARAN ONLINE BAGI GURU
  • Guru guru diharapkan telah familiar dan menguasai LMS (Google classroom) yang telah ditentukan oleh sekolah. Guru harus memastikan bahwa siswa telah memahami penggunaan LMS dalam proses pembelajaran online.
  • Sedapat mungkin guru meminimalisir/mengantisipasi hambatan teknis sebelum proses KBM dimulai (akses internet, instalasi aplikasi dll), sehingga waktu yang ada, dapat dimanfaatkan dengan optimal
  • Guru harus mempersiapkan pembelajaran dengan sebaik baiknya. Persiapkan lesson plan yang akan di simpan di dalam LMS dengan baik , agar siswa memahami benar tujuan pembelajaran pada hari itu. Selalu ada kemungkinan orang tua akan ikut mengevaluasi bahan pembelajaran yang diberikan guru kepada siswa
  • Guru agar mempertimbangkan banyaknya penugasan kepada siswa tidak seperti pembelajaran normal. ingat bahwa kondisi psikologis siswa juga harus dipikirkan dengan kondisi pembelajaran online yang mungkin merupakan sesuatu yang baru bagi mereka dan memerlukan proses adaptasi.
  • Pembelajaran online menuntut siswa untuk menjadi pembelajar yang mandiri (independent learner), oleh karena itu perlahan guru harus memberikan support kepada siswa untuk membiasakan mereka belajar mandiri. Akan tetapi jika diperlukan, guru harus siap untuk membantu siswa sesuai dengan kapasitas pembelajaran mereka. Ingatkan kepada siswa untuk memanfaatkan waktu belajar mandiri antara pukul 13.00 – 15.00, untuk berkonsultasi dengan guru jika masih ada topic/penugasan yang belum mereka pahami benar.
  • Guru harus tetap memiliki fungsi kontroling dan monitoring kepada siswa terutama terkait dengan tenggat waktu (deadline) penugasan/ project yang diberikan kepada siswa. Selalu ingatkan siswa untuk mengumpulkan tugas sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan. Jika perlu, guru dapat menginformasikan kepada orang tua jika siswa tanpa alas an yang jelas, belum mengumpulkan penugasan sesuai tenggat waktu.
  • Sedapat mungkin guru memvariasikan model pembelajaran online dan model penugasan, agar siswa tidak jenuh dengan metode yang sama secara berulang ulang
  • Dalam kondisi saat ini, peran orang tua menjadi penting sebagai partner guru dalam memonitor dan mengontrol prose pembelajaran online di rumah. Diharapkan guru bisa bekerja sama dengan orang tua jika memang terdapat hal yang harus di komunikasikan terkait dengan progress pembelajaran online siswa