PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII: Muhammad Ahsan, Sumiyati, dan Mustahdi

Pendidikan Agama Islam Kelas 7

Buku ini merupakan penjabaran dari Standar Isi Kurikulum 2013 yang menitikberatkan pada aspek sikap spiritual (Kompetensi Inti 1) dan sikap sosial (Kompetensi Inti 2). Namun demikian, agar KI-1 dan KI-2 dapat terimplementasi
dengan benar, dijabarkan pula aspek pengetahuan dan ket rampilan. Diawali dengan menggugah kepekaan peserta didik terhadap isu-isu aktual, kemudian bisa menyelesaikan masalah-masalah tersebut dengan baik.

Memang, dalam buku ini tidak semua pengetahuan dan ket rampilan dijabarkan secara luas. Hal ini sengaja dilakukan agar peserta didik mau mencari informasi lain sebagai pendalaman dan perluasan materi. Oleh karena itu, setelah selesai sub pokok bahasan, peserta didik diminta untuk mengerjakan tugas dalam bentuk ”aktivitas siswa”. Hal ini sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum 2013, bahwa peserta didik harus mencari tahu, bukan diberi tahu. Sementara di setiap akhir bab ditambah dengan “Menerapkan Perilaku Mulia”, ini dimaksudkan agar nilai-nilai ajaran Islam secara konkrit bisa diwujudkan dengan tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari.